Buah Pisang

Written By Pratama Computer on 02/05/11 | 09.00

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. ×paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.
Perlu disadari, istilah "pisang" juga dipakai untuk sejumlah jenis yang tidak menghasilkan buah konsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, dan pisang kipas. Artikel ini hanya membahas pisang penghasil buah konsumsi serta kerabatnya yang berkaitan.
Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malesia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembab, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.

Pisang raja merupakan pisang yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya karena kenikmatan yang diperoleh dan gizi yang tinggi yang diberikan pisang raja kepada kita. Biasanya pisang raja dipakai untuk bahan mentah pisang goreng, mari kita mendalami manfaat dari pisang raja ini :

PISANG RAJA
Pisang raja merupakan salah satu jenis buah pisang yang banyak mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari buah pisang raja per 100 gram dari bku yang saya baca mengandung protein 1,2 g, karbohidrat 31,8g, kalsium 10mg, fosfor 22mg, besi 0,8mg, vitamin A 950 SI, vitamin B 0,06 mg, vitamin C 10, dan air 65,8g.

Manfaatnya,
Pisang raja merpakan pisang yang banyak mengndung gizi yang baik untuk tubuh sehingga banyak sekali manfaat yang diperoleh denganmengkonsumsi buah tersebut.

Pisang raja banyak mengandung betakaroten yang merupakan provitamin A. Karena itu pisang raja dapat digunakan untuk mencegah penyakit katarak atau rabun senja, serta mampu mencegah timbulnya kanker.
Juice pisang juga ternyata bermanfaat, yaitu sebagai peneyembuh penyakit :
• Diverticulitis
Penyakit ini terjadi karena adanya radang pada kantong kecil dalam dinding usus. Kantong-kantong tersebut berisi material fecal yang menyebabkan rasa sakit pada dinding usus. Nah, karena pisang mengandung serat, lemak,dan minyak sehingga pisang dapat melindungi dinding usus, ¦terjadilah penyembuhan.
• Radang lambung
Ketika jaringan mucosal pada perut terasa perih dan sakit, kita akan mengalami kesulitan pada waktu mencerna makanan, bahkan merasakan sakit yang luar biasa. Juice pisang akan melapisi, menyejukkan, dan menyembuhkan peradangan serius seperti halnya bahan-bahan antacid.
Untuk mengatasi kanker perut, gunakan Tunas/anak batang pohon pisang dan 1 potong benalu teh, anak pisang diaprut dan diambil airnya sebanayk 4 gelas, kemudian direbus bersama dengan benalu tehtersebut sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, dan dimum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore dan dilakukan secara teratur.
Orang usil dari Barat

Berikut beberapa jenis pisang dan harga bibitnya

PISANG RAJA BULU

PISANG KEPOK ( UNTAI SAYANG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar